APUAN  |  Aman, Patuh, Utuh, Asri, Nyaman  

Artikel

PENYELENGGARAAN KELAS IBU HAMIL

04 Juli 2022 09:10:05  Administrator  1.275 Kali Dibaca  Berita Desa

Senin, 04 Juli 2022

Pemerintah Desa Apua melaksanakan kelas Ibu Hamil, yang berlokasi di ruang Rapat Kantor Desa Apuan, acara dimulai pada 09.00 wita. 

Perbekel Desa Apuan Membuka Acara tersebut dengan di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Desa, dengan narasumber dari Puskesmas Susut II, di dampingi Postu Pembantu Desa Apuan. 

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar bagi para calon ibu tentang kesehatan bagi ibu hamil secara keseluruhan. Tujuan kelas ibu hamil adalah mengedukasi ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan lancar, serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan bekal pengetahuan dasar.

Materi pada kelas ibu untuk hamil akan disampaikan oleh bidan atau tenaga kesehatan. Namun, Anda juga bisa bertukar ilmu atau sharing dengan ibu hamil lain yang menjadi peserta kelas tersebut sehingga kegiatan ini sekaligus dapat dijadikan sebagai ajang sosialisasi bagi ibu hamil.

Kelas prenatal biasanya dilakukan dalam 4 kali yaitu, Tanggal 4, 11, 18, 27 Juli 2022 pertemuan selama hamil atau sesuai dengan kesepakatan antar peserta kelas ibu hamil.

Kemudian, di akhir pertemuan akan dilakukan Senam ibu hamil merupakan kegiatan ekstra yang dilakukan narasumber untuk mengajari para ibu agar dapat mempraktikkannya secara mandiri di rumah.

Waktu pertemuan dalam kelas prenatal ini bisa dilakukan pada pagi atau sore hari dengan lama waktu pertemuan 120 menit, termasuk senam hamil 15-20 menit. 

Manfaat kelas untuk ibu hamil

  • Mendapatkan konsultasi lebih awal dan langsung dari ahlinya
  • Dapat mempelajari kehamilan lebih dini
  • Mendapatkan informasi lengkap seputar kehamilan, keamanan saat hamil, hingga proses menuju persalinan
  • Ruang untuk bersosialisasi dan berbagai pengalaman dengan sesama ibu hamil
  • Mendapatkan standar nutrisi kehamilan 
  • Tempat belajar senam hamil 

Materi kelas ibu hamil yaitu :

1. Kehamilan, perubahan tubuh, dan keluhan yang menyertainya

Tidak sedikit wanita yang mengkhawatirkan kenaikan bobot tubuhnya selama kehamilan, ada juga ibu yang khawatir karena justru mengalami penurunan berat badan saat hamil. Di kelas prenatal, semua ketakutan Anda akan terjawab karena narasumber akan menerangkan perubahan tubuh selama kehamilan dilihat dari kacamata medis.

Kelas ini juga akan membahas keluhan umum yang biasanya terjadi pada ibu hamil, misalnya morning sickness, konstipasi, perut kembung, dan sebagainya. Anda juga akan diberi solusi generik atas keluhan itu, misalnya diberikan kapsul penambah darah pada ibu hamil yang anemia atau anjuran untuk memperbaiki asupan gizi tertentu.

2. Perawatan kehamilan

Perawatan kehamilan yang akan dibahas dalam kelas ibu hamil biasanya mencakup obat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Selain itu, narasumber juga akan memberi tahu tanda bahaya kehamilan dan penanganan pertama yang bisa dilakukan ibu hamil.

Kelas ini juga akan membahas kesiapan psikologis orangtua dalam menghadapi kehamilan, termasuk tentang hubungan suami-istri selama kehamilan.

3. Persalinan

Di kelas kehamilan ini Anda juga akan diajarkan untuk mengenali tanda-tanda persalinan maupun tanda bahaya persalinan. narasumber juga akan memberikan opsi proses persalinan yang aman karena tidak semua ibu hamil aman melahirkan lewat persalinan normal.

4. Perawatan pascapersalinan

Pada materi ini, ibu hamil akan diajarkan cara menjaga kesehatan setelah melahirkan, selama menjalani masa nifas. Tak hanya itu, narasumber juga akan mengenalkan Anda tentang tanda bahaya saat nifas maupun cara untuk tetap bisa menyusui secara eksklusif.

Bagi Anda yang ingin menjalani program keluarga berencana (KB), kelas untuk ibu hamil juga akan memberi pengetahuan seputar ini. narasumber akan menerangkan pilihan alat KB yang bisa Anda pilih, mulai dari KB suntik, intrauterine (IUD) alias spiral, maupun pil KB dan plus minus dari setiap metode tersebut.

5. Perawatan bayi baru lahir

Perawatan bayi baru lahir bisa mencakup banyak hal, mulai dari perawatan tali pusar hingga imunisasi yang dapat dilakukan pada bayi tersebut. Bidan atau tenaga kesehatan juga akan menerangkan tanda bahaya pada bayi baru lahir yang harus diperhatikan oleh ibu.

Selain materi-materi di atas, kelas ibu hamil juga bisa membahas mitos seputar kehamilan maupun pascapersalinan. Selain itu, bidan dan tenaga kesehatan akan memberikan informasi mengenai penyakit menular (seperti infeksi menular seksual hingga HIV/AIDS) serta cara membuat akte kelahiran bayi.

 

Humas Desa Apuan

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 HUBUNGI KAMI

Admin Desa

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 CUACA

 Sinergi Program

Prodeskel E-Billing Pajak
SDGs Desa SiIKSnG

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli
Desa : Apuan
Kecamatan : Susut
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80661
Telepon : 03665597045
Email : desaapuan12@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:548
    Kemarin:542
    Total Pengunjung:338.356
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:107.22.56.225
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 11.218 Kali
Kontak Kami
21 Desember 2021 | 2.557 Kali
PENETAPAN PERATURAN DESA SISTEM PENGELOLAAN AIR BERSIH
26 Agustus 2016 | 1.950 Kali
Sejarah Desa Apuan
31 Januari 2023 | 1.501 Kali
RAPAT EVALUASI KINERJA APARATUR DESA
03 November 2018 | 1.381 Kali
Air Terjun Tibumana Bangun Lemah
16 November 2018 | 1.334 Kali
Profil Wilayah Desa
04 Juli 2022 | 1.275 Kali
PENYELENGGARAAN KELAS IBU HAMIL
26 Februari 2022 | 484 Kali
BULAN BAHASA BALI PERBEKEL DESA APUAN
20 April 2014 | 496 Kali
Peraturan Kepala Desa
18 April 2023 | 191 Kali
Pembagian BLT Dana Desa Tahap IV bulan April
18 Agustus 2019 | 504 Kali
PORDES DESA APUAN TAHUN 2019
29 Juli 2013 | 586 Kali
Lembaga Kemasyarakatan
29 November 2019 | 464 Kali
MUSRENBANGDES TAHUN 2020
26 Mei 2023 | 185 Kali
Bapak Bupati Bangli Meninjau Gladi Dengan Sekha Gong Banjar Apuan Apuan

 Komentar