APUAN  |  Aman, Patuh, Utuh, Asri, Nyaman  

Artikel

Pengarahan Gubernur Bali tentang Peningkatan Penanganan Covid.

12 September 2021 09:30:37  Administrator  192 Kali Dibaca  Berita Lokal

Menindak lanjuti Surat Nomor : B.28.005/20601/I/DPMD DUKCAPIL, 10 September 2021. Acara rapat menggunakan zoom meeting dalam Pengarahan Gubernur Bali tentang Peningkatan penanganan Covid.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh Perbekel Desa Apuan, Bendesa se Desa Apuan dari masing-masing Adat, Perwakilan dari Bendesa Adat Apuaan I Wayan Rudita, Bendesa Adat Bangunlemah Kawan I Ketut Sinah dan Bendesa Adat bangunlemah Kangin I Wayan Tama, pada acara tersebut hadiri agar hadir 30 menit sebeluam acara, yang di gelar di ruang rapat kantor Desa Apuan, minggu 12 september 2021.

Bapak Gubernur Bali Bapak Wayan Koster menyampaikan adanya varian baru dari virus Covid-19 yaitu varian delta  yang memiliki tingkat penyebaran yang lebah cepat dan menyebabkan kamatian, Perbekel dan Bendesa Adat yang merupakan ujung tombak terdepan di Pemerintah Desa dan Desa adat agar selalu memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan kepada masyarakatnya. Kendatipun demikian atas kerja keras dari Pemerintah Provinsi Bali beserta pihak-pihak yang telah membantu bahwa kasus Covid-19 di Bali sudah mulai menurun.

Bendesa Adat dan Perbekel di seluruh Bali dalam peningkatkan penangan Covid-19 dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Mensosialisasikan dan menerapkan protokol kesehatan dengan 6M kepada masyarakat
  2. Melakukan pembatasan kegiatan dalam melibatkan orang banyak sesuai dengan surat edaran yang diterbit oleh Majelis Madya Desa Adat.
  3. Mempercepat masyarakat dalam mengikuti vaksin dosis I maupun dosis II sebagai upaya penjegahan Covid-19 terutamanya usia lanjut, ibu hamil dan disabilitas.
  4. Masyarakat yang melakukan kontak erat dengan pasien covid-19 agar dapat dilakukan tracing.
  5. Masyarakat yang mengalami gejala awal Covid-19 seperti demam, penciuman terhambat agar disarankan segera melakukan test PCR ke puskemas atau rumah sakit terdekat
  6. Masyarakat yang terpapar virus Covid-19 agar melakukan isoter yang telah disiapkan oleh pemerintah dan jika keadaan dalam situasi memburuk agar segera ke rumah sakit.
  7. Mendata warga yang melakukan isolasi mandiri serta warga yang  meninggal karena isolasi mandiri
  8. Mencegah angka kematian Covid-19 dengan dilakukan pemeriksaan lebih awal dan tidak sampai menunggu kondisi sudah memburuk

Pria yang berhasil dari Buleleng tersebut juga mengingatkan kepada Bendesa Adat dan Perbekel bahwa Masyarakat Bali yang memiliki kepercayaan tinggi akan nilai – nilai spiritual maka perlu dilakukan tindakan secara niskala terkait pendemi Covid-19. Hal yang perlu dilakukan secara niskala adalah dengan melakukan pengastiti bakti dumogi jagat baline make sami rahayu di pura kahyangan tiga yang ada di masing-masing desa.

“Di tahun 2022 Bali diharapkan sudah bisa bebas dari Covid-19, mengingat ditahun 2022 banyak event yang akan berlangsung dipulau dewata serta pariwisata dapat dibuka kembali sehingga perekonomian bali dapat bangkit kembali,” tambahnya diakhir acara.

https://youtu.be/7fTgF82VOJw

Admin Desa

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Desa

Peta Desa

HUBUNGI KAMI

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Prodeskel E-Billing Pajak
SDGs Desa SiIKSnG

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli
Desa : Apuan
Kecamatan : Susut
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80661
Telepon : 03665597045
Email : desaapuan12@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:114
    Kemarin:463
    Total Pengunjung:129.393
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.18.161
    Browser:Tidak ditemukan

Komentar Terbaru